DAIRI TERKINI

Berstatus Siaga, Gunung Soputan Meletus

JAKARTA - Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara, menunjukkan geliatnya. Selasa (6/1/2015) pagi sekira pukul 02.47 WIB meletus dan mengeluarkan awan berwarna kelabu.
Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Hendrasto menginformasikan letusan dapat terlihat jelas di pos pengamatan yang berada di Desa Silian Tiga atau 10 KM di sebelah barat daya Puncak Gunung Soputan.
"Dari hasil pengamatan visual dari pos pengamatan terjadi kolom letusan berwarna kelabu tebal kehitaman dengan tekanan kuat, dan estimasi ketinggian sekira 6.500 meter di atas puncak Gunung Soputan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan singkatnya, Selasa (6/1/2015).
Sutopo menjelaskan, saat letusan gunung api berlangsung angin condong ke arah Timur-Tenggara. Aliran lava mengarah ke lereng Barat-Barat Daya sekira 2.000 meter dari puncak G. Soputan. Tidak ada korban jiwa maupun bangunan rusak selama terjadinya gempa.
“Status tetap Siaga (level 3) radius steril 6,5 kilometer dari puncak Gunung Soputan. Belum perlu ada pengungsian. Kondisi masyarakat normal dan tetap beraktivitas seperti biasa,” tambahnya.

Tidak ada komentar