Home » , » Pelindo Inspeksi Dokumen Kendaraan Masuk Pelabuhan

Pelindo Inspeksi Dokumen Kendaraan Masuk Pelabuhan

Written By radiodairicirebon on Kamis, 04 Desember 2014 | 18.23

LEMAHWUNGKUK - PT Pelabuhan Indonesia II Cirebon menggelar apel sebagai dimulainya sterilisasi Pelabuhan Cirebon, kemarin. Sterilisasi itu melibatkan aparat keamanan dari unsur Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP), TNI dan Polri.

“Hari ini dan selanjutnya, kegiatan sterilisasi akan terus digelar. Ke depan, pelabuhan harus steril dari orang-orang, barang dan kendaraan yang tidak berkepentingan dan tidak memiliki dokumen,” ujar Manager Operasi PT Pelindo II Cirebon, Yossianis Marciano kepada Radar kemarin.

Sejak masuk pelabuhan, kendaraan akan diperiksa sesuai prosedur dan memenuhi dokumen. Tak hanya itu, setiap orang yang akan masuk juga harus menyerahkan kartu identitas. Sterilisasi juga menyisir dan mendata setiap orang yang berada di pelabuhan. Pendataan itu, untuk mengidentifikasi orang yang masuk ke pelabuhan. Apakah betul dia pengguna jasa atau tidak. “Kalau bukan pengguna jasa akan kita keluarkan. Karena mereka tidak berkepentingan di pelabuhan,” tandasnya.

Yossi menjelaskan, sterilisasi pelabuhan tersebut dalam rangka memenuhi implementasi peraturan internasional mengenai keamanan yang sudah ditentukan. “Tapi dalam penerapan peraturan itu bergantung pada fasilitas yang dimiliki masing-masing pelabuhan,” ucapnya.

Diakuinya, kebijakan ini akan menimbulkan polemik di masyarakat. Hal ini karena kebiasaan yang sudah berlangsung di masyarakat. Akan tetapi kebiasaan ini harus diubah ke arah yang lebih baik agar pelabuhan lebih tertib. “Masyarakat dan pengusaha harus bisa bersama menjaga dan saling mendukung agar pelabuhan ini menjadi lebih baik,” ajaknya.

Kebijakan Steriliasasi oleh Pelindo sebagai BUMN operator pelabuhan ini karena Pelabuhan Cirebon sudah mendapatkan sertifikasi SOCCS. “Pelabuhan ini akan menjadi taraf internasional. Jadi, kita harus implementasikan ini. Sekarang kita mulai dengan security-nya, setelah itu sisi safety dan health. Jadi, ini semua akan membuat pelabuhan menjadi lebih baik lagi. Kita juga melibatkan unsur muspida dan semua mendukung, yang penting koordinasi saja,” tukasnya.

Pemeriksaan ini sudah dirancang dan disepakati bersama dengan otoritas pelabuhan maupun pengusaha setempat. “Kita harapkan ini bisa dipatuhi karena ini prosedur, baik prosedur pemeriksaan dan keamanan,” ungkapnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : geber website devt
Copyright © 2013. DAIRI FM CIREBON - All Rights Reserved
Template Created by : MASKOLIS