Advertising

ads header

Breaking News

22 Desember, Kongres Perempuan, Soekarno dan Selamat Hari Ibu!

Jakarta - 22 Desember kerap dirayakan sebagai hari ibu. Sejak pagi, berbagai ucapan di media sosial mulai dari twitter, path, instagram sampai facebook, bahkan juga status BBM mengalir ucapan selamat hari ibu. Tapi dari mana asal muasal penetapan hari ibu ini?

Dari berbagai sumber, Senin (22/12/2014) semuanya berawal dari Kongres Perempuan Indonesia di Yogyakarta pada 22-25 Desember 1928. Pada masa itu, berbagai perempuan dari Jawa dan Sumatera datang dan merumuskan persatuan perempuan Indonesia. 

Kemudian, para perempuan ini kemudian pada Kongres Wanita Indonesia 1938 sepakat untuk menetapkan 22 Desember sebagai hari ibu di Indonesia. Sebagai catatan mother's day atau hari ibu internasional diperingati pada 8 Maret.

Dan Presiden Soekarno pada 1959 mengeluarkan dekrit Nomor 316 yang menetapkan 22 Desember sebagai hari ibu. Kini sah, hingga saat ini hari ibu 22 Desember diperingati hari besar kenegaraan.

Tentu makna dari hari ibu 22 Desember ini tak semata menghormati ibu di hari ini saja. Seorang ibu wajib dihormati setiap hari. Bukankah ada kata bijak menyebutkan surga di bawah telapak kaki ibu. Jadi hormati ibumu.

Anda punya pengalaman mengharukan atau mengesankan tentang bu? 

Selamat hari ibu!

Tidak ada komentar